10
[Open FGD] Status OnePlus 2 di Indonesia

?

Seberapa besar teman - teman tetap setia menunggu OnePlus 2 ?

  1. 101% BIG PATIENT! OnePlus is my life. OnePlus 2 all the way!!

  2. Nope. agak lama ya cyin. :p

  3. Iya, tapi ngelirik brand sebelah juga sih. hehe.

  4. Wait, ada tipe baru ya? mungkin bandingin dulu.

Results are only viewable after voting.
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Shinta H
    Community Manager Sep 30, 2015

    Shinta H , Sep 30, 2015 :
    Hi teman - teman OnePlus,

    Thread Focus Group Discussion kali ini dibuat untuk meluruskan berita yang simpang siur mengenai keberadaan OnePlus 2 di Indonesia. Seperti komitmen awal OnePlus di Indonesia, kami ingin memberikan yang terbaik untuk teman - teman OnePlus. Banyak yang komplain kenapa OnePlus lama sekali untuk masuk ke Indonesia.

    Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)
    Pertama terdapat regulasi terbaru dari Menteri Komunikasi dan Informatika dimana menyangkut tentang pengesahan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk semua smartphone yang berteknologi 4G LTE. Regulasi ini sah ditandatangani per 1 Juli 2015. Kadar komponen dalam negeri itu sendiri saat ini sebesar 20% dimana dalam waktu mendatang, angka ini akan semakin besar hingga 40% di tahun 2017 mendatang. Siaran Pers dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia bisa di cek di sini.

    Siaran Pers
    Menperin Dukung TKDN 4G LTE untuk Tekan Impor


    JAKARTA. Kementerian Perindustrian memastikan dukungannya pada langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menetapkan aturan terkait tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) perangkat 4G. Kandungan lokal dalam gawai 4G yang sebesar 30 persen berlaku efektif 1 Januari 2017.

    Peraturan Menteri tentang Persyaratan Teknis Alat dan Perangkat Telekomunikasi Berbasis Standar Teknologi Longterm Evolution tersebut ditandatangani Menkominfo, Rudiantara di Jakarta, Jumat (3/7/2015). Penandatanganan dilakukan saat rapat koordinasi bersama dengan Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel.

    “Kita mendukung dan kita akan merevisi Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No. 69 tahun 2014 untuk mendukung kebijakan ini,” tegas Menperin Saleh Husin usai rapat koordinasi dengan Menkominfo dan Menteri Perdagangan.

    Menurut Menperin, nantinya penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) smartphone tersebut tidak hanya menyangkut perangkat keras tetapi juga perangkat lunak alias software. Tujuan akhirnya, demi mengurangi impor yang selama ini terjadi.

    “Pada tahun 2012, Indonesia mengimpor smartphone sebanyak 70 juta unit dan di tahun 2014 kita turunkan menjadi 54 juta unit. Jadi sudah turun sekitar 23 persen dan ke depan akan kita tekan terus,” ujarnya.

    Di samping itu, imbuhnya, sudah ada 16 merek ponsel yang perakitannya sudah dilakukan di dalam negeri yang telah memenuhi TKDN 20 persen. Merek-merek tersebut adalah Polytron, Evercoss, Advan, Axioo, Mito, Gosco, SPC, Asiafone, Oppo, Haier, Huawei, Smartfren, Bolt, Ivo, Lenovo, dan Samsung. Total kapasitas produksi mencapai 23,02 juta per tahun.

    Desainer Aplikasi

    Saleh Husin juga meyakini kemampuan generasi muda Indonesia yang menggeluti pengembangan aplikasi smartphone dapat berkontribusi pada peningkatan TKDN ini.

    “Ini juga menjadi peluang desainer aplikasi baik yang masih bersekolah, kuliah maupun profesional muda mendapat kesempatan di industri raksasa ini,” kata Saleh.

    Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengungkapkan proses revisi peraturan No 69/2014 tersebut dengan memasukkan kalkulasi terhadap komponen software dan komponen kreatif.

    “Revisi aturan dilakukan secara gradual sesuai kebutuhan teman-teman Kementerian Kominfo. Sekarang mereka harus segera merilis penggunaan 4G LTE berdasar TKDN,” ulasnya.

    Kemeperin juga menyebutkan, pengganti Permenperin No. 69 Tahun 2014 selanjutnya hanya berisikan regulasi umum terkait TKDN industri elektronika dan telematika dan rincian perhitungan (Juknis) akan diatur dalam peraturan Direktur Jenderal ILMATE.

    Selain itu, peraturan pengganti yang diterbitkan pada kesempatan yang pertama merupakan peraturan peralihan untuk menandasahkan sertifikat TKDN yang telah diverifikasi oleh surveyor independen.

    “Selanjutnya, untuk mengakomodasi model bisnis teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis software atau design house, Kemenperin akan melakukan kajian dalam enam bulan ke depan,” terang Putu.

    Tiga Kementerian

    Usai penandatangan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan keputusan itu merupakan buah kerja bersama tiga kementerian yaitu Kemenkominfo, Kemendag dan Kementerian Perindustrian.

    “Latar belakangnya, karena penetapan dan pengawasan kebijakan ini mesti dilakukan bersama-sama. Sekaligus menunjukkan bahwa antara kementerian itu berjalan seiring, tidak ada yang ke kiri ketika yang lain ke kanan,” paparnya.

    Dia menambahkan, sembari menunggu pemberlakuan di tahun 2017 maka akan dikeluarkan peraturan-peraturan yang bersifat lebih teknis melalui surat edaran bersama dari ketiga menteri tersebut.

    Dia menyebut juga, potensi nilai tambah yang dibidik dari kebijakan ini terbilang besar mengingat nilai impor smartphone Indonesia mencapai USD 3,5 miliar. “Bahkan jika diperhitungkan dengan yang tidak resmi maka mencapai USD 4-5 miliar,” paparnya.

    Aturan TKDN tersebut diterapkan untuk perangkat 4G berteknologi Long Term Evolution Frequency Division Duplexing (LTE FDD). Sedangkan TKDN untuk perangkat 4G berteknologi LTE-TDD, kemungkinan berlaku mulai 2019.

    Demikian Siaran Pers ini untuk disebarluaskan.

    Jakarta, 3 Juli 2015

    Kepala Pusat Komunikasi Publik


    Hartono

    Kedepannya OnePlus berusaha memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri ini dengan bermitra dengan pemanufaktur lokal. Kapan ada di Indonesia? Seperti yang kita janjikan lalu, kami akan usahakan OnePlus 2 masuk di Quartal 4 tahun 2015 (antara Oktober - Desember 2015). Saat ini kami sedang berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk teman - teman di Indonesia. Kami mohon untuk kesabaran teman - teman OnePlus di Indonesia. After all, Its the phone worth waiting for bukan?

    Kami mengerti kekhawatiran teman - teman, "wah keburu hp lain masuk ke Indonesia" atau "Wah Harga dollar makin naik makin mahal dong". Yes, kami juga concern mengenai hal ini. Pada akhirnya teman - teman bisa menilai smartphone mana yang cocok dengan kebutuhan teman - teman karena banyaknya pilihan seperti kata moderator tercinta kita @GOLDENBOYRB hihihi ;););) . Untuk harga perkiraan awal kami akhir Juli lalu akan jatuh sekitar 5.499.000IDR. Melihat situasi sekarang ini, mungkin akan sedikit melenceng dari perkiraan awal, namun kami usahakan tidak akan terlalu jauh dari prediksi awal dan semoga tetap dibawah angka 6Juta rupiah. OnePlus sendiri ngga pernah melihat brand lain sebagai kompetitor karena pada akhirnya kami semua ingin menyediakan smartphone terbaik untuk teman - teman di seluruh penjuru negeri dan tentunya untuk terus maju di bidang teknologi yang serba cepat seperti kompetisi F1! :D:D:D

    Invitation? Gimana nih?
    Nah, untuk system invitation di Indonesia sendiri akan berbeda dengan invitation global yang dimana invitation Indonesia bisa digunakan untuk pembelian melalui Lazada ketika OnePlus 2 siap jual di Indonesia. Untuk yang datang ke berbagai macam gathering, pop up, Saya personal jamin kalau teman - teman yang terus aktif akan dapat invitation langsung right before we sell the OnePlus 2 in Indonesia!

    Selain itu, saya pribadi mendapatkan informasi dari teman - teman OnePlus dimana banyak yang sudah mulai jualan OnePlus 2 di Indonesia secara online dengan harga menjulang tinggi hingga 7 Juta Rupiah. Sangat disayangkan, karena saya pribadi sempat melakukan penelusuran dengan melakukan pengecekan IMEI, ternyata produk - produk yang "masuk" ke Indonesia ini merupakan versi China dengan sistem H2OS. Seperti yang pernah saya share ke beberapa teman - teman OnePlus di Indonesia, kami sangat menyayangkan produk - produk OnePlus dijual secara illegal di Indonesia karena bukan hanya merugikan kami pihak OnePlus namun juga merugikan teman - teman OnePlus di Indonesia. Mengapa? Pertama, teman - teman membayar OnePlus 2 dengan harga yang sangat tinggi. bahkan hingga 1-2 Juta rupiah lebih mahal. Kedua, teman - teman ngga akan bisa claim garansi di Indonesia nantinya. Kalau sebelumnya untuk klaim garansi ke service centre kami hanya dengan melampirkan invoice dari Lazada, untuk kedepannya semua pembelian device OnePlus 2 akan disertai dengan Kartu Garansi yang disediakan di dalam box oleh distributor kami. Yes, jadi teman - teman tau mana nih Hp yang resmi masuk dari distributor tunggal OnePlus Indonesia, Multi Mobile Indonesia. Di dalam kartu garansi juga terlampir keterangan lengkap mengenai kebijakan garansi yang ada termasuk keterangan waktu berapa lama hp masuk dalam jangka garansi.

    Kami pihak OnePlus yang masih terhitung baru di market Indonesia sangat berterima kasih atas antusiasme teman - teman yang menanti kehadiran OnePlus 2 di Indonesia.
    Kami menerima segala masukan dari teman - teman OnePlus untuk service yang lebih baik kedepannya. After all, your opinion what makes us a better brand. Lets hope for the best and a better OnePlus!

    #NeverSettle
    :cool::cool::cool:
     

    #1
  2. kyoda8888
    Donut Sep 30, 2015


    #2
  3. Shinta H
    Community Manager Sep 30, 2015

    Shinta H , Sep 30, 2015 :
    Diusahakan secepatnya yaaa...
     

    #3
    deviantartjr likes this.
  4. kyoda8888
    Donut Sep 30, 2015

    kyoda8888 , Sep 30, 2015 :

    yang saya heran yah min, knapa hp sejenis xiaomi seperti redmi note 2 itu status nya di balai postel udah muncul dlan? sedangkan oneplus susah banget kaya nya? padahal kan sama2 dr negeri luar sana?
    kalau saya beli OPO skrg kira2 sayang ga min...
     

    #4
  5. Shinta H
    Community Manager Sep 30, 2015

    Shinta H , Sep 30, 2015 :
    Yes, kami masih baru menyesuaikan dengan regulasi yang ada. Advice aku sih mendingan nunggu kalau hp yang sekarang masih lumayan oke dan budgetnya nyukupin untuk OnePlus 2. Cuma kalau OnePlus One ternyata juga udah sesuai dengan kebutuhan, OnePlus One oke kok. Belum Out of Date. hehe.
     

    #5
  6. kyoda8888
    Donut Sep 30, 2015

    kyoda8888 , Sep 30, 2015 :

    Kl OPO dual sim uda ga mikir panjang buat di beli haha
    Ya uda sukses trus min buat gempur dirjen postel..
     

    #6
    deviantartjr and Shinta H like this.
  7. miuime1
    Gingerbread Sep 30, 2015


    #7
    Shinta H likes this.
  8. edy8
    Froyo Sep 30, 2015

    edy8 , Sep 30, 2015 :
    menurut gw sih kelamaan keluarnya, keburu banyak kompetitor dengan spek yang sama atau lebih yang keluar duluan. apabila masih belum jelas kapan releasenya.
    sementara sih pake OPO dulu, sambil lihat kondisi, tapi kemungkinan besar sih ambil produk merk lain.
     

    #8
  9. Kingnking
    Gingerbread Sep 30, 2015

    Kingnking , Sep 30, 2015 :
    Waduh kalau bisa c diusahakan dan sangat diusahakan bulan oktober ya. Soalnya kalau sampai mesti nunggu lama lagi saya pikir peminat OP2 di indonesia akan lari ke lain hati.

    Di SG sudah dijual di lazadanya dan dibawah 6jt rupiah juga. Dan mereka open registration buat invitationnya. Teman saya baru regis tidak sampai 1 minggu sudah dapat invitenya (most SG people buy samsung and iphone) so gampang dapet invite d sana and harganya sama. Saya yakin kalau Indo masih bermasalah banyak yang pindah ke lain hati or beli di SG aja.. Org deket juga
     

    #9
  10. coprinae
    Gingerbread Sep 30, 2015

    coprinae , Sep 30, 2015 :
    Dengan tanpa mengesampingkan fakta yg mbak shinta sampaikan di atas, jujur sih one plus two ini terlalu lama datang ke indonesia. Sedihnya bakal kena gempur sana sini dari merek lain yg tidak dapat dipungkiri flagship killer juga. Itu membuat Saya mikir dua kali untuk berpindah ke OPT jika nantinya sudah resmi hadir, sejauh ini masih setia dengan One Plus One dan sejauh ini nyaman.
     

    #10
  11. dante888
    Eclair Sep 30, 2015


    #11
    Shinta H likes this.
  12. 4Fei
    Froyo Sep 30, 2015

    4Fei , Sep 30, 2015 :
    Bnyk hp baru muncul dgn spek dan harga yg tdk beda jauh, klu harga di bawah 5,5 msh worth utk ditunggu:D
     

    #12
  13. alfinbi
    Eclair Sep 30, 2015

    alfinbi , Sep 30, 2015 :
    semangat buat teman-teman yang sedang mengusahakan proses masuknya oneplus 2 ke Indonesia negeri tercinta kita ini. saya tetap setia menunggu kehadiran oneplus 2. sambil nunggu, oneplus one tetap dalam genggaman. hehehe
     

    #13
    Shinta H likes this.
  14. GoldenBoyRB
    Lollipop Sep 30, 2015


    #14
  15. lohan nongnong
    Donut Oct 1, 2015

    lohan nongnong , Oct 1, 2015 :
    ijin nyimak yah semua, sambil salam kenal. hehehe...
    OPT layak ditunggu secara dibandingkan dengan yang lain, masih di atas rata2 speknya. yang penting harus diprepare adalah after salesnya. semoga dengan adanya forum ini, pembeli OnePlus dapat semakin "tenang" kl ada apa2. saling bantu yah..^^.
    @Shinta H nti bagi2 invitesnya yah ke saya biar cepet punya OPT huahahaha...tetap semangat dan sukses selalu buat mba Shinta.
     

    #15
  16. handian
    Cupcake Oct 1, 2015

    handian , Oct 1, 2015 :
    Semoga oneplus two nya cepat masuk yaa, ane akan setia menunggu hehe....
     

    #16
  17. Shinta H
    Community Manager Oct 1, 2015

    Shinta H , Oct 1, 2015 :
    OPO masih oke juga kok sampai sekarang, semoga ngga lama lagi.. hehe.

    Inshaa Allah untuk invitation ngga akan sulit untuk di Indonesia. Sekarang kami juga lagi merencanakan jalan keluar paling baik untuk invitation di Indonesia. :)

    OnePlus 2 semoga ngga terlalu jauh melenceng dari perkiraan awal, tim kami lagi mengusahakan semaksimal yang kami bisa kok. hehehe.

    Wah, kayaknya kalau dibawah 5.5 agak susah yah.. hahaha.. kecuali mau nunggu kurs dollar turun yang kayaknya susah terjadi. :p

    Malu malu mod..

    Terima Kasih ya dukungannya. :D
     

    #17
  18. moldayajib
    Gingerbread Oct 1, 2015

    moldayajib , Oct 1, 2015 :
    akhirnya dapet penjelasan lagi~
    semangat terus buat yang lagi usahain OP masuk indo! cepetan masuk indo yaa~
     

    #18
  19. rasfa742
    Cupcake Oct 1, 2015

    rasfa742 , Oct 1, 2015 :
    WAHHH... padahal udh mo dihadiahin ultah OP2 sm istri buat minggu depan, yah batal deh nih.. hiks hiks..
    masa mesti pindah ke tetangga sebelah sih ini.. :eek:o_O
    semoga cepat selesai deh urusan sm birokrasi negara tercinta..
    btw klo beli di SG garansinya gmn tuh yaks??
     

    #19
  20. JaS UjaN
    Gingerbread Oct 1, 2015

    JaS UjaN , Oct 1, 2015 :
    Hayo lohh..tanggung jawab, Min..
     

    #20