5
Thread tambahan untuk kontes

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hendrawd
    Cupcake Aug 3, 2015

    hendrawd , Aug 3, 2015 :
    [​IMG]
    Dr. Soetomo

    Lahir
    30 Juli 1888
    [​IMG] Ngepeh, Loceret, Nganjuk, Jawa Timur, Hindia Belanda

    Fakta Menarik
    Dr. Soetomo adalah tokoh pendiri Budi Utomo, organisasi pergerakan yang pertama di Indonesia.

    Pada tahun 1903, Soetomo menempuh pendidikan kedokteran di School tot Opleiding van Inlandsche Artsen, Batavia. Bersama kawan-kawan dari STOVIA inilah Soetomo mendirikan perkumpulan yang bernama Budi Utomo, pada tahun 1908.

    Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa.

    Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.
     
    Last edited: Aug 3, 2015

  2. galangdps
    Froyo Aug 3, 2015

    galangdps , Aug 3, 2015 :
    Ikutan ah.
    Nama : Ir. Soekarno (Bung Karno)
    TTL : Surabaya, 6 Juni 1901
    Fakta beneran : presiden RI pertama (yaiya lah :D )
    Fakta menarik ; Bung karno adalah seorang playboy. Di beberapa biografi yg saya baca, beliau sampai menikah 9 kali (yg dipublikasikan). Mulai dari anaknya guru besar HOS Cokroaminoto, sampai orang jepang. Tapi saya yakin, meskipun demikian, cintanya terhadap NKRI jauh lebih besar ketimbang mereka yg hanya punya satu istri. *eh
     

  3. miuime1
    Gingerbread Aug 3, 2015

    miuime1 , Aug 3, 2015 :
    - Jenderal Besar TNI Anumerta Soedirman
    - Lahir : Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah, 24 Januari 1916.
    - Fakta dan point penting yg membuat Sudirman layak mendapat predikat "Best Indonesian Hero" (versi saya :D) adalah, beliau adalah panglima dan jenderal RI yg pertama dan termuda di usia 31 tahun, dan yg menjadi point terpentingnya adalah, beliau mempimpin pasukan melawan inggris dan belanda di ambarawa dengan kondisi sakit tubercolosis parah, bahkan sampai akhirnya paru2 yg berfungsi hanya satu dan hrs ditandu dan bergerilya di hutan2. Bukan ditandu untuk mundur dan dibawa ke RS :p, tp ditandu untuk ttp berperang memimpin pasukan sampai akhirnya psukan inggris mundur. Beliau bergerilya sambil ditandu keluar masuk hutan dan gunung lo, bkn perang di kota (tau kan medan hutan dan gunung tuh kyk gimana). Dan akhirnya beliau meninggal akibat penyakit tubercolosis nya itu pada 29 Januari 1950 pada umur 34 tahun di magelang, jawa tengah. Dan beliau bkn menyerah pd penjajah, melainkan krna parahnya penyakit tubercolosis yg dideritanya. Best Hero Ever. :(
     

  4. ramdhan
    Cupcake Aug 3, 2015

    ramdhan , Aug 3, 2015 :
    Syafruddin Prawiranegara (Serang, Banten, 28 Februari 1911)

    • Memiliki nama kecil "Kuding"; masih keturunan raja Pagaruyung di Sumatera Barat (dari pihak ayah).
    • Pernah menjadi pegawai Departemen Keuangan Belanda dan Departemen Keuangan Jepang sebelum kemerdekaan. Setelah kemerdekaan menjadi anggota Badan Pekerja KNIP (Badan Legislatif saat itu). Tahun 1946, menjadi Wakil Menteri Keuangan kemudian diangkat menjadi Menteri Keuangan, dan menjabat Menteri Kemakmuran pada tahun 1947.
    • Pada saat menjabat Menteri Kemakmuran, terjadi Agresi Militer II yang membuat Soekarno-Hatta ditangkap. Mr. Syafruddin ditunjuk Soekarno-Hatta untuk menjadi Ketua (Presiden) Pemerintah Darurat RI.
    • Atas usaha Pemerintah Darurat, Belanda terpaksa berunding dengan Indonesia. Perjanjian Roem-Royen mengakhiri upaya Belanda, dan akhirnya Soekarno-Hatta dibebaskan.
    • Seusai menjabat sebagai Presiden Pemerintah Darurat, Mr. Syafruddin menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri, kemudian menjadi Menteri Keuangan kembali dan mengeluarkan kebijakan sanering yang dikenal "Gunting Syafruddin".
    • Jabatan berikutnya yang beliau emban adalah Gubernur Bank Sentral yang pertama.
    • Beliau juga merupakan tokoh Partai Masyumi, Anggota Dewan Pengawas Yayasan Pendidikan & Pembinaan Manajemen (kini PPM Manajemen), Anggota Pengurus Yayasan Al Azhar/Yayasan Pesantren Islam, dan Ketua Korps Mubalig Indonesia.
    • Saat ini, namanya diabadikan menjadi nama gedung Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan di Lapangan Banteng, Jakarta.
     

  5. beckscoothip
    Froyo Aug 3, 2015


  6. Maviosso
    Donut Aug 3, 2015

    Maviosso , Aug 3, 2015 :
    [​IMG]

    (Semoga pic-nya keluar ya)
    Nama : SUTOMO (a.k.a. Bung Tomo)
    Lahir : Surabaya, 03 Oktober 1920

    What makes him unique ? :cool:

    Nih nih bro gua ceritain deh ya. :D Intro dulu, siapa sih yang gak kenal sama bung tomo ? Kalo ane pribadi, yang bikin keinget terus tuh bukan sejarah perjuangannya *astaghfirullahaladzim* tapi fotonya bro. Haha fotonya yang lagi pidato, melotot, sama nunjuk nunjuk audience dengan baretnya itu lho yang bikin keinget terus dan satu lagi, slogannya. Siapa sih yg gak kenal slogan "MERDEKA ATAU MATI ?!?!" nahh ini slogan dari beliau bro ;)

    Ini bung tomo tuh pahlawannya pahlawan mungkin bisa dibilang ya bro. Ya namanya juga pahlawan 10 November bro tau kan 10 November hari apa ? Yoii, hari pahlawan bro. :cool:

    Inti dari pertanyaannya "apa yang membuat dia menarik" kan ? Bukan sejarah-sejarah perjuangannya dia ? #ehh :p:p:p hehe

    Jadi yaa menurut ane itu yang bikin dia menarik bro. Yaa cuma emang gak itu doang sih, ane jelasin sedikit lagi deh. Ane bikin poin poin biar lebih rapi tadi kan baru intro hehe :oops:

    Ini dia 3 keunikan dari Bung Tomo versi
    :cool: On 'maviosso' the Spot :cool:

    1. "FOTONYA" .

    Nih bro yg ane masukin jadi "top of the line", karena fotonya unik bro. Jujur di kelas ane dulu pas SD sama SMP, foto foto pahlawan yg laen tuh pada dilukis bro, model lukisan gitu, cuma bung tomo ini doang yg dipajangnya tuh foto dengan pose dan latar yg sama.:eek:

    2. " FRIENDLY"

    Dari beberala artikel dan jurnal yg ane baca, disitu dibilang nih bro kalo bung tomo itu adalah seorang sosok yang bersahabat. Kenapa dia bisa dikatakan bersahabat ? Ya karena gini bro, dia itu berjuang bukan menganggap sebangsanya Indonesia itu pasukannya, prajuritnya, atau apalah itu sebutannya ya bro, tapi dia anggap mereka itu "teman" :') beliau emang dikenal sangat dekat dengan warga Indonesia bro, oleh karena itu dia dikenal sebagai seorang sosok pahlawan yang bersahabat. :rolleyes:

    :D - The last but not least - :D

    3. "PIDATONYA"

    Nahh ini dia bro, rahasia dibalik kobaran semangat para pemuda pemuda (a.k.a arek arek suroboyo) dalam melakukan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yaitu Pidato Bung Tomo. Beliau sangat lihai sekali dalam memberikan pidato pidato yg masuk ke dalam relung hati para pejuang indonesia. Membuat mereka semua rela untuk mengorbankan seluruh jiwa dan raga #asikk, demi indonesia tercinta.

    sekian dulu bro, keunikan bung tomo versi :cool:On 'maviosso' the Spot :cool:. Capek juga ngetik manual di OPO semoga kali ini ane yg menang

    #merdekaataumati :mad:
     
    Last edited: Aug 3, 2015

    cygyt likes this.
  7. Cikidot
    Cupcake Aug 3, 2015

    Cikidot , Aug 3, 2015 :
    [​IMG]
    KH. Agus Salim
    8 Oktober 1884
    [​IMG]Koto Gadang, Agam,Sumatera Barat, Hindia Belanda

    Beliau merupakan nama jalan di sekolahan ane dan yang membuat ane kagum adalah cerita guru sejarah ane, yaitu:
    1. Beliau merupakan diplomat yang sangat berani, konon katanya beliau pernah datang ke pertemuan dengan Belanda menggunakan kain sarung dan sambil merokok kretek
    2. Beliau menguasai setidaknya 7 bahasa asing sekaligus (belum termasuk bahasa indonesia, melayu, dan daerah)
    3. Pada sidang BPUPKI beliau pernah berpidato menggunakan bahasa Indonesia, tetapi diinterupsi oleh orang belanda tapi beliau justru bisa membuat orang belanda itu malu dan tetap melanjutkan pidato dalam bahasa Indonesia
    4.saking berjasanya beliau walaupun usianya terbilang sudah tidak muda lagi beliau diberikan julukan the grand old man

    Gitu cerita guru sejarah ane dulu, dan yang paling penting jangan sekali kali melupakan sejarah yaa ✌✌
     

  8. phantomshadow63
    Froyo Aug 3, 2015

    phantomshadow63 , Aug 3, 2015 :

    [​IMG]
    KAPITAN PATTIMURA
    (Thomas Matulessy)

    Lahir pada 8 Juni 1783 di Haria, Saparua, Maluku, Hindia Belanda

    Siapa yang gak kenal Kapitan Pattimura?? Saya jamin semua orang dari anak yg baru melek dunia sampe orang yg udah merem dunia pasti kenal beliau, gaes!! konon katanya jasa beliau sangatlah banyak dalam menyelamatkan bangsa ini yang masih terasa sampe sekarang (yupp..terutama anak kos pasti sangat merasakan jasanya banget...hahah).
    Sebelum perlawanan terhadap VOC ia pernah berkarier dalam militer sebagai mantan sersan Militer Inggris. trus tahun 1816 Inggris menyerahkan kekuasaannya ke Belanda. nah kembalinya kolonial Belanda ini mendapat tantangan keras dari rakyat. Rakyat Maluku akhirnya bangkit mengangkat senjata di bawah pimpinan Kapitan Pattimura (backsound:jrengjrengggg...).
    Pertempuran Pattimura yang tercatat seperti perebutan benteng Belanda Duurstede, pertempuran di pantai Waisisil dan jasirah Hatawano, Ouw- Ullath, Jasirah Hitu di Pulau Ambon dan Seram Selatan. Perang Pattimura hanya dapat dihentikan dengan politik adu domba, tipu muslihat dan bumi hangus oleh Belanda. Para tokoh pejuang akhirnya ditangkap dan mengakhiri pengabdiannya di tiang gantungan pada 16 Desember 1817 di kota Ambon. (hiks..hiks..)
    Untuk jasa dan pengorbanannya itu, Kapitan Pattimura dikukuhkan sebagai “PAHLAWAN PERJUANGAN KEMERDEKAAN” oleh pemerintah Republik Indonesia, yang diterima pada 6 November 1973. MERDEKAAAAA!!!!!!
     

  9. GoldenBoyRB
    Lollipop Aug 3, 2015


    Maviosso likes this.
  10. miuime1
    Gingerbread Aug 3, 2015


  11. andikac
    Donut Aug 3, 2015

    andikac , Aug 3, 2015 :
    ikutan ah belum ada yg bahas Supriyadi / Soeprijadi (Lahir di Trenggalek, 13 April 1923)

    Tokoh yang unik, menteri pertahanan Indonesia yang pertama, tapi tidak diketahui keberadaannya dan nasibnya dimana sampai detik ini. Pejuang pemimpin pemberontakan PETA melawan Jepang di Blitar pada 14 Februari 1945 ini diangkat menjadi Menteri Keamanan Rakyat oleh Presiden Soekarno, tapi hingga 20 Oktober 1945 tidak pernah muncul sehingga digantikan oleh
    menteri Suliyoadikusumo.

    Ia secara resmi dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 9 Agustus 1975 berdasarkan Keppres No. 063/TK/1975.

    Banyak orang yang muncul dan mengakui dirinya sebagai Supriyadi, tapi tak ada yang berhasil membuktikan 100% bahwa dirinya adalah Supriyadi.

    Supriyadi - the lost forgotten hero
     

  12. GoldenBoyRB
    Lollipop Aug 3, 2015


    Maviosso and miuime1 like this.
  13. miuime1
    Gingerbread Aug 3, 2015


  14. cygyt
    Honeycomb Aug 3, 2015

    cygyt , Aug 3, 2015 :
    Pahlawan Nasional Indonesia: Sam Ratulangi
    [​IMG]
    Lahir: di Tondano, Sulawesi Utara 5 November 1890
    Meninggal: di Jakarta, 30 Juni 1949
    Bernama lengkap: Dr. Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi
    Beliau merupakan putra dari Jozias Ratulangi dan Augustina Gerungan. Ayah dan ibu beliau berkecukupan dan sangat dihormati di kalangan keluarga Minahasa. Beliau adalah siswa yang sangat berbakat dan cerdas. Beliau mendapatkan gelar Doktor der Natur-Philosophie setara PhD jurusan Ilmu Pasti dan Alam setelah lulus dari Universtas Zurich pada usia 28 tahun.

    Kembali ke Indonesia, beliau pindah ke Yogyakarta untuk mengajar sains di sekolah menengah. Setelah itu, beliau pindah ke Bandung dan membentuk perusahaan asuransi: Assurantie Maatschappij Indonesia. Konon, ini merupakan instansi pertama yang secara resmi mendaftarkan namanya dengan nama "Indonesia." Beliau juga memimpin organisasi para mahasiswa Indonesia di Eropa. Salah satu peran beliau adalah melobby hak para pekerja dan akhirnya berhasil mempengaruhi pemerintahan kolonial menghapuskan "forced labor" di Minahasa.

    Pada tahun 1927, diangkat menjadi Volksraad atau parlemen pada pemerintahan kolonial dan terus memperjuangkan kesetaraan hak bagi rakyat Indonesia. Pada tahun 1932, beliau membentuk United Scholars of Indonesia (Vereniging van Indonesische Academici). Tahun 1937, beliau dikeluarkan dari Volksraad dan ditangkap karena pengaruh politik dan keterlibatan beliau pada gerakan-gerakan yang memperjuangkan hak rakyat Indonesia. Walaupun begitu, beliau tetap berjuang dan mendirikan Nationale Commentaren, majalah berbahasa Belanda yang juga bertujuan menyuarakan artikel hasil karya putra-putri Indonesia.

    Juni 1937, beliau menerbitkan bukunya Indonesia in den Pacific. Pada buku ini, Sam Ratulangi memprediksi dan memperingatkan kemungkinan militerisasi dan agresi Jepang terhadap Indonesia karena kekayaan alam tanah air kita. Di buku tersebut, beliau juga memaparkan peran Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara dan dapat menyamai pentingnya peran negara-negara barat.

    Pada Agustus 1945, beliau diangkat sebagai Komite Persiapan Kemederkaan Indonesia dan setelah proklamasi kemerdekaan beliau diangkat sebagai Gubernur Sulawesi. Pada April 1946, beliau ditangkap oleh Belanda dengan tuduhan pengkhianatan dan diasingkan selama 3 tahun. Beliau akhirnya dibebaskan karena sakit dan akhirnya meninggal pada 30 Juni 1949.

    Pada Agustus 1961, beliau dinobatkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Nama beliau digunakan untuk Bandara Sam Ratulangi, Universitas Sam Ratulangi, dan jalan Sam Ratulangi. Salah satu filosofi beliau dalam bahasa Minahasa yang sangat terkenal adalah: "Si Tou Timou Tumou Tou" yang berarti "Manusia Hidup untuk Menghidupkan Orang Lain." Ini juga menjadi semboyan Sulawesi Utara.
     

  15. ngengs
    Honeycomb Aug 3, 2015

    ngengs , Aug 3, 2015 :
    Hari ke 3...

    Pahlawan Nasional Indonesia yang selalu saya ingat dari kecil adalah

    [​IMG]
    - Kartini

    - Beliau lahir di Jepara,, Jawa Tengah pada 21 April 1879

    Beliau terkenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Siapa yang tidak kenal dengan beliau, sejak kecil pasti kita sering mendengar ataupun menyanyikan lagu tentang beliau, ya lagu berjudul "Ibu Kita Kartini" yang diciptakan salah satu tokoh kebangkitan nasional W.R Soepratman pasti pernah kita dengar ataupun nyanyikan.
    Selain lagu itu, Kartini juga dikenal dari sebuah buku yang merupakan kumpulan surat surat Kartini yang dikirimkan kepada teman temannya di Eropa, ya buku itu bernama "Habis Gelap Terbitlah Terang", sebuah buku yang secara tidak langsung memaparkan pemikiran-pemikiran Kartini dan mulai mengubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa.
    Hari lahir kartini pun juga menjadi suatu hari penting, dan tanggal kelahirannya di jadikan suatu hari besar yakni Hari Kartini yang membuat tiap orang tidak akan pernah gampang melupakan jasa dari Kartini, terutama para permempuan perempuan di Indonesia.
     

  16. uzumakiadryan
    Eclair Aug 3, 2015

    uzumakiadryan , Aug 3, 2015 :
    [​IMG]


    1.Muhammad Toha
    2.Bandung pada tahun 1927
    3.Setelah penandatanganan perjanjian kapitulasi Jepang, seluruh persenjataan Tentara Kekaisaran Jepang diserahkan tanpa syarat kepada Tentara Sekutu yang akan mengembalikan kekuasaan Belanda diHindia-Belanda. Namun persenjataan Tentara Kekaisaran Jepang banyak direbut oleh pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tanggal 21 November 1945, Tentara Sekutu mengeluarkan ultimatum pertama agar kota Bandung bagian utara dikosongkan oleh pihak Republik Indonesia selambat-lambatnya tanggal 29 November 1945. Para milisi dan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia harus menyerahkan senjata yang mereka rampas dari Tentara Kekaisaran Jepang. Karena apabila ultimatum penyerahan tersebut tidak diindahkan, tentara Sekutu akan mengambil tindakan militer untuk menegakkan tujuan tersebut.

    Peringatan ini tidak dihiraukan oleh pihak tentara Republik. Sejak saat itu sering terjadi bentrokan senjata dengan tentara Sekutu. Kota Bandung terbagi menjadi dua, Bandung Utara dan Bandung Selatan. Oleh karena persenjataan yang tidak memadai, pasukan TKR dan para pejuang lainnya tidak dapat mempertahankan Bandung Utara. Akhirnya Bandung Utara dikuasai oleh tentara Sekutu.

    Pada tanggal 23 Maret 1946 tentara Sekutu kembali mengeluarkan ultimatum ke-2. Mereka menuntut agar semua masyarakat dan pejuang TKR mengosongkan kota Bandung bagian selatan. Perlu diketahui bahwa sejak 24 Januari 1946, TKR telah mengubah namanya menjadi TRI.

    Demi mempertimbangkan politik dan keselamatan rakyat, pemerintah memerintahkan TRI dan para pejuang lainnya untuk mundur dan mengevakuasi Bandung Selatan. setelah mengadakan musyawarah, para pejuang sepakat untuk menuruti perintah pemerintah. Tapi mereka tidak mau menyerahkan kota Bandung bagian selatan itu secara utuh.

    Rakyat pun diungsikan ke luar kota Bandung. Para anggota TRI dengan berat hati meninggalkan Bandung bagian selatan. Sebelum ditinggalkan Bandung Selatan dibumihanguskan oleh para pejuang dan anggota TRI. Peristiwa ini di kenal dengan sebutan "Bandung Lautan Api". Dalam rangkaian peristiwa tersebut Toha gugur dalam misinya menghancurkan gudang amunisi Tentara Sekutu. Dalam peristiwa ini juga terlahir lagu Halo, Halo Bandung yang dinyanyikan para tentara Republik dalam penantian mereka untuk kembali ke rumah mereka di Bandung.
     

  17. arimantep
    Gingerbread Aug 3, 2015

    arimantep , Aug 3, 2015 :
    [​IMG]

    (Semoga pic-nya keluar ya)
    Nama : SUTOMO (a.k.a. Bung Tomo)
    Lahir : Surabaya, 03 Oktober 1920

    What makes him unique ? :cool:

    Nih nih bro gua ceritain deh ya. :D Intro dulu, siapa sih yang gak kenal sama bung tomo ? Kalo ane pribadi, yang bikin keinget terus tuh bukan sejarah perjuangannya *astaghfirullahaladzim* tapi fotonya bro. Haha fotonya yang lagi pidato, melotot, sama nunjuk nunjuk audience dengan baretnya itu lho yang bikin keinget terus dan satu lagi, slogannya. Siapa sih yg gak kenal slogan "MERDEKA ATAU MATI ?!?!" nahh ini slogan dari beliau bro ;)

    Ini bung tomo tuh pahlawannya pahlawan mungkin bisa dibilang ya bro. Ya namanya juga pahlawan 10 November bro tau kan 10 November hari apa ? Yoii, hari pahlawan bro. :cool:

    Inti dari pertanyaannya "apa yang membuat dia menarik" kan ? Bukan sejarah-sejarah perjuangannya dia ? #ehh :p:p:p hehe

    Jadi yaa menurut ane itu yang bikin dia menarik bro. Yaa cuma emang gak itu doang sih, ane jelasin sedikit lagi deh. Ane bikin poin poin biar lebih rapi tadi kan baru intro hehe :oops:

    Ini dia 3 keunikan dari Bung Tomo versi
    :cool: On 'maviosso' the Spot :cool:

    1. "FOTONYA" .

    Nih bro yg ane masukin jadi "top of the line", karena fotonya unik bro. Jujur di kelas ane dulu pas SD sama SMP, foto foto pahlawan yg laen tuh pada dilukis bro, model lukisan gitu, cuma bung tomo ini doang yg dipajangnya tuh foto dengan pose dan latar yg sama.:eek:

    2. " FRIENDLY"

    Dari beberala artikel dan jurnal yg ane baca, disitu dibilang nih bro kalo bung tomo itu adalah seorang sosok yang bersahabat. Kenapa dia bisa dikatakan bersahabat ? Ya karena gini bro, dia itu berjuang bukan menganggap sebangsanya Indonesia itu pasukannya, prajuritnya, atau apalah itu sebutannya ya bro, tapi dia anggap mereka itu "teman" :') beliau emang dikenal sangat dekat dengan warga Indonesia bro, oleh karena itu dia dikenal sebagai seorang sosok pahlawan yang bersahabat. :rolleyes:

    :D - The last but not least - :D

    3. "PIDATONYA"

    Nahh ini dia bro, rahasia dibalik kobaran semangat para pemuda pemuda (a.k.a arek arek suroboyo) dalam melakukan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yaitu Pidato Bung Tomo. Beliau sangat lihai sekali dalam memberikan pidato pidato yg masuk ke dalam relung hati para pejuang indonesia. Membuat mereka semua rela untuk mengorbankan seluruh jiwa dan raga #asikk, demi indonesia tercinta.

    sekian dulu bro, keunikan bung tomo versi :cool:On 'maviosso' the Spot :cool:. Capek juga ngetik manual di OPO semoga kali ini ane yg menang

    #merdekaataumati :mad:

    Credit : @Maviosso

    *note : kontes kali ini gw ngga menang ngga apa mod asal bs ikut terus haha
     

  18. rudytjandra
    Eclair Aug 3, 2015


  19. kukkaa
    Jelly Bean Aug 3, 2015


  20. cygyt
    Honeycomb Aug 3, 2015

    cygyt , Aug 3, 2015 :
    Setuju sama bung @arimantep ! Kontes ini mendukung banget supaya semangat nasionalisme kita makin terbangun!